Social Icons

Pages

Wednesday, February 20, 2013

Meraih Keutamaan Sholat Tahajud



Pada postingan kali ini gusmardie ingin mengajak saudara seiman untuk membuka tabir dari sebuah malam yang gelap gulita.banyak di anatara kita yang masih belum bisa memanfaatkan keagungan malam,padahal allah menyediakan waktu yang sangat berguna di sisi malam yang gulita dan sunyi senyap.yaitu pada sepertiga malam terakhir yang disarankan bagi kita untuk bermunajat menyusun jemari dan merangkai kata doa meminta segala hajat kepada yang penguasa jagad Allah swt,karena itu adalah waktu yang mustajabah dan Allah turun kelangit dunia sebagaimana hadist dibawah ini.

 Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda:
ي…َنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ الأَخِيْرِ يَقُوْلُ
“Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dia berfirman:
مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ
Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan.
مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ
siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan
مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ
dan siapa yang yang memohon ampun kepadaKu, maka akan Aku ampuni”
[Hr Bukhariy dan Muslim]

Pembaca yang dirahmati Allah,setelah kita tahu hendaknya kita berusaha untuk bisa bangun disepertiga malam terakhir untuk melakukan sholat tahajud karena sholat tahajud ini banyak sekali fadhilahnya .ini bukan hal yang mudah karena kita tahu setan tak kan rela jika ada seorang muslim yang bangun mendekatkan diri kepada Allah disertigamalam,makanya setan senatiasa melekatkan belenggu di tengkuk kita agar kita malas untuk bangun sebagaimana hadist berikut ini .

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Setan mengikat tengkuk salah seorang di antara kamu pada waktu tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatan dikatakan, 'Bagimu malam yang panjang, maka tidurlah.' Apabila ia bangun dan ingat kepada Allah, maka lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu, maka terlepaslah satu ikatan (lagi). Dan, jika ia mengerjakan shalat, maka terlepaslah seluruh ikatannya. Ia memasuki pagi hari dengan tangkas dan segar jiwanya. Jika tidak, maka ia masuk pagi dengan jiwa yang buruk dan malas."

Tetapi kita harus berusaha untuk melatih diri bangun untuk sholat di malam hari agar kita bisa mendapatkan keutamaan sholat tahajud tersebut.untuk itu dibawah ini adalah beberapa keutamaannya.
Keutamaan Shalat Tahajud : 
  1. Shalat Tahajud adalah sifat orang bertakwa dan calon penghuni surga. 
    • Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (QS. Adz Dzariyat: 15-18).
    • Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Rasulullah saw telah bersabda : Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat. (HR Tirmidzi) 
2. Shalat Tahajud adalah sebaik-baik shalat sunnah. 
  • Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Seutama-utama puasa setelah ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnah di waktu malam” (HR. Muslim no. 1163) 
3.Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan
sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan :

5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”


·         Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
·      
   Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Itulah diantara keutamaan sholat tahajud semoga setelah menbaca artikel ini kita diberi semangat baru untuk membiasakan ibadah sholat tahajud amin ya Robbal alamin

5 comments:

  1. Assalam, terima kasih atas postingan artikel mengenai sholat tahajud, artikel yang sangat bermanfaat buat netter seperti Saya, thanks ya..
    Wassalam,

    ReplyDelete
  2. afwan, izin copas yaa, blog nya bagus

    ReplyDelete
  3. Amin.semoga bisa istiqomah tahajud.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Jazakumullah infonya akhi & ukhti, menambah referensi keislaman saya ..

    jangan lupa Mampir dan Update Info Lowongan Kerja Terbaru Anda Disini : Expo CPNS BUMN (Expo Loker : http://expocpnsbumn.blogspot.com/)

    ReplyDelete