Kejujuran adalah mutiara yang mahal harganya, dan kejujuran ini adalah sangat
penting dalam perjalalan hidup kita mengarungi lautan kehidupan.dalam diri
seorang muslim kejujuran adalah harga mati yang harus dilakukan agar kita tidak
termasuk dari golongan orang yang munafik,
banyak orang yang mengaku muslim namun mereka adalah pendusta, padahal pendusta
tidak akan berhenti dari kedustaanya sehingga dia akan terus menerus menambah
kedustaanya sampai dia mati. Dalam al-quran Allah memerintahkan kita senantiasa
berbuat jujur dan menjadi golongan orang – orang yang jujur.
Kembali kita menengok sejarah tentang kejujuran
Nabi Muhammad di masa muda dan belum diutus menjadi Rasul dikenal sebagai sosok
pemuda yang memiliki kredibilitas tinggi dan kejujuran yang tak tertandingi.
Kejujuran beliau begitu terkenal di seantero
Makkah waktu itu sehingga tak kala para kepala suku berselisih pendapat tentang
siapa yang paling berhak meletakkan Hajar Aswad di tempat asalnya di salah satu
sudut Ka’bah, mereka sepakat untuk menyerahkan permasalahan itu pada beliau.
Mereka pasrah apapun keputusan Nabi akan mereka terima dengan sepenuh hati.
Nabi pun meletakkan Hajar Aswad pada sebuah
selendang. Para kepala suku diminta untuk memegang ujung selendang dan membawa
Hajar Aswad ke tempat asalnya secara bersama-sama. Setelah dekat, Nabi
mengambil Hajar Aswad tersebut dan meletakkannya di tempat semula. Keputusan
Nabi yang begitu tepat, cerdas dan bijaksana tersebut semakin melambungkan
citra beliau dan dari peristiwa itu Nabi mendapat julukan baru “Al Amin”, yaitu
pribadi yang dapat dipercaya.
Sedikitnya ada dua pelajaran yang dapat kita
petik dari kisah tersebut:
Pertama, bahwa kejujuran sikap akan menuai
kepercayaan dan penghargaan yang tinggi dari berbagai kalangan, tua dan muda,
kaya dan miskin, muslim atau nonmuslim. Dengan kata lain, apapun tujuan hidup
yang ingin dicapai, mulailah dengan kejujuran dan konsisten dengan kejujuran
itu apapun resikonya.
Kedua, bahwa yang dimaksud dengan “jujur”
hendaknya tidak hanya dimaknai secara sempit sebagai “keselarasan antara kata
dan perbuatan, kesesuaian antara kata dan fakta.” Ia juga bermakna “adil dalam
bertindak” dan bijaksana dalam mengambil sikap , sebagaimana dalam Al-Quran :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ
بِالْقِسْطِ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَى أَلَّا تَعْدِلُوا
اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ
بِمَا تَعْمَلُونَ * سورة المائدة 8
Artinya : Hai orang-orang yang beriman hendaklah
kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi
saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum,
mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih
dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha
Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
PENGERTIAN
KEJUJURAN DALAM ISLAM
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ * سورة
التوبة 119
Artinya : Hai orang-orang yang beriman bertakwalah
kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
Orang – orang yang jujur akan mendapat pangkat ahli
jujur dan ke dalam masuk surga.
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: «إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى البِرِّ، وَإِنَّ البِرَّ يَهْدِي إِلَى
الجَنَّةِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا. وَإِنَّ
الكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الفُجُورِ، وَإِنَّ الفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ،
وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا * رواه
البخاري
Artinya : Dari Abdullah bin Umar, dari Nabi
Muhammad SAW bersabda , Sesungguhnya kejujuran itu menunjukan pada kebaikan dan
kebaikan akan menunjukan pada surga, dan niscahya seorang laki-laki yang jujur
sehingga di tulis Ahli jujur. Dan sesungguhnya dusta menunjukan pada keji, dan
keji akan menunjukan pada neraka dan niscahya seorang laki-laki yang dusta di
sisi allah di tulis Ahli dusta.
“Sesungguhnya
Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya.” (Q.S.
an-Nisa: 58).
“Hai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghianati Allah dan Rasul-Nya dan
janganlah kamu menghianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang
kamu mengetahui.” (Q.S. al-Anfal: 27).
KONSEP
KEJUJURAN DALAM ISLAM
Hati adalah poros anggota badan. Hati adalah
barometer kehidupan. Hati adalah sumber dari seluruh gerak langkah manusia.
Jika hatinya bersih, maka seluruh perilakunya akan mendatangkan manfaat. Tapi
jika hatinya keruh, maka seluruh perilakunya akan mendatangkan bencana.
Rasulullah Saw. bersabda, “Ingatlah, dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila
ia baik, akan baiklah seluruh tubuh. Dan bila ia rusak, rusaklah ia seluruhnya.
Itulah qalbu (hati).” (H.R. Bukhari).
Membahas tentang kejujuran (dalam bahasa
arab disebut sebagai Ash-Shidqun), ada 5 macam kejujuran, yaitu:
1. Shidq Al-Qalbi (jujur dalam berniat).
Itulah hati dan kejujuran yang tertanam dalam
hati akan membuahkan ketentraman, sebagaimana firman-Nya,
الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ
اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ * سورة الرعد 28
Artinya : (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati
mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan
mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.
2. Shidq
Al-Hadits (jujur saat berucap).
Jujur saat berkata adalah harga yang begitu mahal
untuk mencapai kepercayaan orang lain. Orang yang dalam hidupnya selalu berkata
jujur, maka dirinya akan dipercaya seumur hidup. Tetapi sebaliknya, jika sekali
dusta, maka tak akan ada orang yang percaya padanya. Orang yang selalu berkata
jujur, bukan hanya akan dihormati oleh manusia, tetapi juga akan dihormati oleh
Allah Swt. sebagaimana firman-Nya,
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا ،
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ
اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا * سورة الاحزاب 70-71
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah
kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah
memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan
barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat
kemenangan yang besar.
3. Shidq Al-’Amal (jujur kala berbuat).
Amal adalah hal terpenting untuk meraih posisi yang
paling mulia di surga. Oleh karena itu, kita harus selalu mengikhlaskan setiap
amal yang kita lakukan. Dalam berdakwah pun, kita harus menyesuaikan antara
ungkapan yang kita sampaikan kepada umat dengan amal yang kita perbuat. Jangan
sampai yang kita sampaikan kepada umat tidak sesuai dengan amal yang kita
lakukan sebab Allah Swt. sangat membenci orang-orang yang banyak berbicara
tetapi sedikit beramal.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا
تَفْعَلُونَ ، كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ
* سورة الصاف 2-3
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, mengapa
kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah
bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan
Jadi, yang harus kita lakukan adalah banyak bicara
dan juga beramal agar kita bisa meraih kenikmatan surga.
4. Shidq Al-Wa’d (jujur bila berjanji).
Janji membuat diri kita selalu berharap. Janji yang
benar membuat kita bahagia. Janji palsu membuat kita selalu was-was. Maka
janganlah memperbanyak janji (namun tidak ditepati) karena Allah Swt. sangat membenci
orang-orang yang selalu mengingkari janji sebagaimana dalam firman-Nya,
وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلَا
تَنْقُضُوا الْأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللَّهَ
عَلَيْكُمْ كَفِيلًا إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ * سورة النحل 91
Artinya : Dan tepatilah perjanjian dengan Allah
apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu,
sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu
(terhadap sumpah-sumpah itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu
perbuat.
Kita pun harus selalu membatasi janji yang kita
ucapkan, baik kepada Allah maupun kepada manusia karena setiap janji yang kita
ucapkan akan dipertanggungjawabkan di sisi Allah Swt.
وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ
أَحْسَنُ حَتَّى يَبْلُغَ أَشُدَّهُ وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ
مَسْئُولًا * سورة الاسراء 34
Artinya : Dan janganlah kamu mendekati harta anak
yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan
penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.
5. Shidq
Al-Haal (jujur dalam kenyataan).
Orang mukmin hidupnya selalu berada di atas
kenyataan. Dia tidak akan menampilkan sesuatu yang bukan dirinya. Dia tidak
pernah memaksa orang lain untuk masuk ke dalam jiwanya. Dengan kata lain,
seorang mukmin tidak hidup berada di bawah bayang-bayang orang lain. Artinya,
kita harus hidup sesuai dengan keadaan diri kita sendiri. Dengan bahasa yang
sederhana, Rasulullah Saw. mengingatkan kita dengan ungkapan, “Orang yang
merasa kenyang dengan apa yang tidak diterimanya sama seperti orang memakai dua
pakaian palsu.” (H.R. Muslim). Dari ungkapan ini, Rasulullah Saw. menganjurkan
kepada umatnya untuk selalu hidup di atas kenyataan dan bukan hidup dalam dunia
yang semu.
Syukron katsir. Maqolahnya bagus. izin copy ya ustad
ReplyDeleteSubhanallah
ReplyDeleteSyukron...izin copy dan share juga ya ustadz :-)
maaf sumbernya dari mana ya?
ReplyDelete