Social Icons

Pages

Thursday, July 18, 2013

Hikmah Nuzulul Quran



Allah menciptakan manusia didunia sebagai seorang khalifah,diantara mereka ada yang terpilih menjadi nabi dan rosul,mereka bertugas mengajak manusia untuk senantiasa berada dijalan Allah.untuk itu Allah menurunkan beberapa kitab suci ataupun wahyu kepada para rosulNya,Zabur diturunkan kepada Daud AS,Taurat diturunkan Kepada Musa AS,Injil kepada Isa AS Dan Alquran di turunkan kepada penutup para nabi yaitu Muhammad SAW sebagai mukjizat yang paling agung.sebagai petunjuk jalan yang lurus dan penerang untuk menjalani kehidupan didunia dan bekal untuk diakhirat.

Peristiwa diturunkannya alquran lebih kita kenal dengan Nuzulul Quran yang sering diperingati pada tanggal 17 ramadhan.hal ini mengacu kepada peristiwa kali pertama rosululloh menerima wahyu di dua Hira.walau masih ada beberapa ulama lain yang mengatakan bahwa nuzulul quran jatuh pada tanggal 21 ramadhan.
Alquran diturunkan secara bertahap,Al-quran diturunkan dari lauhil mahfudz kelangit dunia diturunkan sekaligus 30 juz berdasar kepada kata Anzala sebagaimana tersirat dalam ayat berikut ini.
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ * - الدخان : 3 –
Sesumgguhmya Kami menurunkan ( Al-Qur’an ) pada malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan “.( QS. Al-Dhukhan : 3 )
Firman Allah SWTSurat Al-Baqarah : 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ * - البقرة : 185 -
“ Bulan Ramadhan bulan yang didalmnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil “ ( QS. Al-Basqarah : 185 ).

sedangkan dari langit bumi kepada Nabi Muhammad diturunkan secara berangsur angsur atau surat persurat berdasar pada kata nazala
Firman Allah SWT surat al-Isra’ : 106
وَقُرْءَانًا فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنْزِيلًا * – الإسراء : 106_
Dan Al-Qur’an telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur, agar kamu membacanya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian-demi bagian . “ ( QS. Al-Isra’ : 106 ).
Dan Firman Allah SWT surat Al-Furqan : 32
وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ الْقُرْءَانُ جُمْلَةً وَاحِدَةً كَذَلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلًا * – الفرقان : 32 –
Berkatalah orang-orang kafir : “ mengapa Al-Qur’an tidak dirunkan kepadanya sekali turun saja ? Demikian supaya Kami perkuat hatimu dengannya, dan Kami membacakannya kelompk demi kelompok “. ( QS. Al-Furqon : 32 ).
dengan tujuan untuk menguatkan hati rosululloh,mengikuti kejadian kejadian ataupun peristiwa sampai allah menyempurnakan agama ini dan mencukupi nikmat nikmatnya.
Alquran adalah Kalammullah yang dengannya kita bertilawah.tilawah ini mengandung unsur ungkapan seorang hamba kepada Allah dan ungkapan Allah kepada hambanya,hal ini merupakan salah satu komunikasi yang sangat kuat.hal ini bisa di jadikan indikasi seberapa besar hubungan Allah dengan kita sebagaimana ungkapan Ibnu Qoyim  “Jika kamu ingin mengetahui cinta Allah kepadamu dan kepada selainmu,maka,pertama,lihatlah volume cintamu kepada kalamNya Yaitu alquran di hatimu,kedua,seberapa besar volume kenikmatanmu dan keasyikanmu ketika mendengar lantunan Firman Nya.sudahkah keasyikan para pecandu music dan nyanyian tatkala diperdengarkan?sesungguhnya merupakan hal yang wajar,bahwa barang siapa yang mencintai seorang kekasih maka suara dan pembicaraan kekasihnya adalah sesuatu yang sangat dicintainya” (Al-Fikr At=Tarbawi ‘Inda Ibnil Al-Qoyyim)

Untuk itu alquran harus kita jaga dan dirawat,kita pelajari dengan sungguh sungguh diamalkan dalam seluruh aspek kehidupan dan sekaligus kita wariskan kepada anak keturunan kita,dan di ajarkan kepada yang lain, hal ini pastilah butuh perjuangan dan pengorbanan yang harus kita yakini pasti ada imbalan yang luar biasa didalamnya berupa pahala dari Allah SWT.

Membaca alquran adalah ibadah,yang akan memberikan keutamaan dan fadhilah bagi kita diantaranya adalah :

1.orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat nantinya berdasarkan sabda Rasulullah saw bersabda: ”Bacalah al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (H. R. Muslim). Tentunya tidak hanya sekedar membaca, juga mengamalkannya. Namun demikian, tanpa membaca al-Qur’an maka tidak mungkin kita mengamalkannya. Selain Rasulllah saw, tidak seorangpun yang mampu memberikan pertolongan kepada seseorang pada hari hisab, kecuali al-Qur’an yang dibaca selama ia hidup di dunia.

2.Rasulullah saw menegaskan bahwa orang yang terbaik di antara manusia adalah orang yang mau mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an, sesuai dengan sabdanya, ”Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan yang mengajarkannya” (H.R. Bukhari). Oleh karena itu, orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang yang punya memiliki harta yang melimpah, jabatan maupun pangkat yang tinggi. Namun, disisi Allah Swt orang terbaik itu adalah orang yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkan kepada orang lain.

3.orang yang membaca dan mendengar Al-Qur’an akan mendapatkan sakinah, rahmah, doa malaikat dan pujian dari Allah. Nabi saw bersabda: ”Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (al-Qur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para Malaikat yang ada di sisi-Nya.” (H.R Muslim).
Pada kesempatan bulan ramadhan ini marilah kita manfaatkan dengan bertilawah mngkaji dan mentadaburi alquran sehingga akan bermanfaat bagi kita didunia dan akhirat.semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment